Strategi Mengatasi Kemarahan Melalui Perumpamaan Berdasarkan Yunus 4
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi mengatasi kemarahan melalui perumpamaan yang didasarkan pada kitab Yunus 4. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model (Research and Development) yang mengadopsi 10 langkah pengembangan dari Borg and Gall. Dari 10 langkah yang ada, penelitian ini berfokus pada dua tahap utama, yaitu tahap pengembangan model dan tahap validasi model. Model yang dikembangkan adalah model prosedural berupa strategi. Pengembangan model dilakukan melalui kajian hermeneutik dan eksegesi terhadap Yunus 4. Model yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh 33 pakar dan praktisi yang dilakukan dengan teknik angket yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Model dinyatakan valid apabila hasil validasi bernilai di atas kriteria keberhasilan setelah melalui pengujian one sample t-test berbantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah strategi yang berbentuk prosedur untuk mengatasi kemarahan yang terdiri dari langkah-langkah berikut: (1) Adanya penyebab kemarahan; (2) Terjadinya kemarahan tahap 1; (3) Pemberian perumpamaan; (4) Terjadinya kemarahan tahap 2; (5) Penyampaian penjelasan mengenai penyebab kemarahan yang dibandingkan dengan perumpamaan yang diberikan; (6) Dampak dari penjelasan. Model ini telah tervalidasi oleh validator dengan nilai t sebesar 2,09 yang signifikan pada tingkat kesalahan 0,044 (lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian, model yang dikembangan tervalidasi dengan baik, dan layak untuk digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, Antonius Remigius. “Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan Pendidikan.” SOTIRIA (Jurnal Theologia dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2019): 60–68.
Allen, Leslie C. “Joel, Obadiah, Jonah, and Micah.” New International Commentary on the Old Testament. Grand Rapids: Eerdmans, 1976.
Brown, Francis, S.R. Driver, and Charles A. Briggs. “רָעַע.” The Enhanced Brown-Driver-Briggs Hebrew and English Lexicon. Oak Harbor, 2000.
Cooper, A. “In Praise of Divine Caprice: The Significance of the Book of Jonah.” In Among the Prophets: Language, Image, and Structure in the Prophetic Writings, edited by Phillip R. Davies and David J.A. Clines. Sheffield: Sheffield Academic Press, 1993.
Dustman, T. “A Call for Emotional Intelligence Skills Training Curricula at Christian Colleges.” Journal of Reseach on Christian Education 27, no. 2 (2018).
Goodhart, Sandor. “Prophecy Sacrifice, and Repentance in the Story of Jonah.” In Semeia 33, n.d.
Lefudin. Belajar Dan Pembelajaran. Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deeppublish, 2017.
Puspasari, A. Emotional Intelligence Parenting. Jakarta: Elexmedia Computindo, 2009.
Smith, Billy K., and Frank S. Page. “Amos, Obadiah, Jonah.” The New American Commentary. Nashville: Broadman & Holman, 1995.
Walton, John H., and Andrew E. Hill. A Survey of the Old Testament. Grand Rapids: Zondervan, 2009.
Wolff, H.W. “Obadiah and Jonah.” Continental Commentary Series. Minneapolis: Augsburg, 1986.
Wuwung, O. C. Strategi Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional. Surabaya: Scopindo, 2020.
DOI: https://doi.org/10.46929/graciadeo.v3i1.45
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://e-journal.sttbaptisjkt.ac.id/index.php/graciadeo.
JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO telah terindeks pada situs:
Printed ISSN: 2655-6871
Copyright© GRACIA DEO, 2018-2020. All Rights Reserved.
View GD Stats